Selasa, 08 Juni 2010

ekonomi dan ilmu ekonomi

Ekonomi
Ekonomi sendiri merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, konsumsi barang dan jasa. Istilah ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunanai, Oikos (Yang berarti keluarga, rumah tangga) dan Nomos (yang berarti hukum, peraturan, aturan), jadi, secara garis besar dapat diartikan sebagai "Aturan rumah tangga" atau "Manajemen rumah tangga".
Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya terbatas. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan

Di dalam ekonomi itu sendiri, manusia sebagai makhluk ekonomi, maka manusia itu sendiri juga melakukan tindakan ekonomi, yaitu usaha yang dilakukan manusia yang dilandasi dasar pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan. Sebagai salah satu contoh, ibu membeli gas sebagai bahan bakar karena lebih murah dan efisien dari minyak tanah. Nah, tindakan ekonomi itu terdiri dari dua aspek yaitu :
1. Tindakan ekonomi rasional, yaitu setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan dan memang demikian.
2. Tindakan ekonomi irrasional, yaitu setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataanya tidak demikian.
Semua Tindakan ekonomi tersebut dilakukan atas dasar Prinsip ekonomi, yaitu pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal.
Prinsip Ekonomi sendiri ada 10 yang bebunyi :
1. Kita Selalu Melakukan Trade Off
2. Biaya adalah Segala Sesuatu yang Anda korbankan untuk memperoleh sesuatu
3. Orang Rasional Berpikir Secara Bertahap
4. Orang Selalu bereaksi terhadap insentif
5. Perdagangan Dapat Menguntungkan Semua Pihak
6. Pasar Secara Umum Merupakan Wahana yang Baik Guna Mengkoordinasikan Kegiatan Ekonomi
7. Pemerintah Ada Kalanya Dapat Memperbaiki Hasil Kerja Mekanisme Pasar
8. Standar Hidup di suatu negara tergantung pada kemampuannya memproduksi barang dan jasa
9. Harga-harga akan meningkat apabila pemerintah mencetak uang terlalu banyak
10. Masyarakat menghadapi trade-off jangka pendek antara inflasi dan pengangguran
Namun semua prinsip ekonomi tersebut menyimpulkan satu hal yakni, melakukan pengeluaran sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

jadi dapat disimpulkan bahwa ekonomi adalah kegiatan yang mencakup proses kegiatan produksi , distribusi , pertukaran barang dan jasa sedangkan ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari prilaku manusia dalam memilih sesuatu untuk dirinya dan membuat kemakmuran .
terimakasih .

1 komentar: