Rabu, 07 April 2010

Sistem ekonomi sebuah negara
7. Sebuah Negara mengelola perekonomiannya dengan menguasai sebagian besar sumberdaya ekonomi yang dimiliki Negara tersebut. Perusahaan-perusahaan yang terdapat di Negara tersebut sebagian besar merupakan perusahaan Negara yang berfungsi mengatur sebagian besar masalah konsumsi, produksi dan distribusi di Negara tersebut. Menurut anda, perekonomian tersebut menganut sistem ekonomi apa?

menurut saya sistem ekonomi yang dianut adalah sistem ekonomi terpusat, dimana merupakan suatu sistem ekonomi yang memiliki peran serta masyarakat di dalam kegiatan ekonomi dibatasi oleh pemerintah, pemerintah mengatur semua proses produksi, konsumsi, dan distribusi. Semua faktor-faktor produksi adalah pemilik pemerintah, sehingga untuk pemanfaatannya harus seizin/sepengetahuan pemerintah.

ada banyak sistem ekonomi di dunia ada sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi komando/ terpusat/sosialis, sistem ekonomi pasar/liberal/bebas, sistem ekonomi campuran, sistem ekonomi Pancasila.

salah satu ciri dari sistem ekonomi terpusat adalah faktor produksi dikuasai pemerintah, kegiatan ekonomi diatur pemerintah, dan jarang adanya krisis yang melanda.


Barang bebas dan Barang Ekonomis
8. Manusia memerlukan oksigen untuk hidup. Manusia dapat memperoleh oksigen di udara bebas. Pada saat seseorang sedang sakit, orang tersebut tidak mampu memanfaatkan (mengambil) oksigen yang terdapat dalam udara bebas. Namun harus melalui alat Bantu (tabung oksigen). Dalam konteks ini, mana oksigen yang merupakan barang bebas dan mana oksigen yang merupakan barang ekonomis ?

Oksigen yang didapat/dihirup oleh seseorang yang sehat merupakan barang bebas, sedangkan yang dihirup melalui tabung oksigen untuk orang sakit merupakan barang ekonomis. teorinya adalah barang bebas merupakan barang yang didapat secara Cuma-Cuma. Sedangkan barang ekonomis merupakan barang yang memerlukan usaha untuk mendapatkannya.


padat modal
9. Sebuah perusahaan melakukan penelitian pasar. Hasil penelitian memberi informasi bahwa pasar membutuhkan 100 ribu unit computer lebih banyak daripada jumlah computer yang mampu tersedia saat ini setiap tahun. Perusahaan tersebut memutuskan akan memproduksi 100 ribu unit computer setiap tahun dengan target pembelinya adalah mahasiswa.komputer dibuat dengan menggunakan lebih banyak sumberdaya modal (padat modal)

cara menyelesaikan soal ini mirip dengan no. 6.
What= adalah apa yang diproduksi. Dalam kasus di atas, barang yang diproduksi adalah 100 ribu unit komputer.
How= adalah bagaimana cara memproduksinya. Dalam kasus di atas, caranya adalah dengan menggunakan lebih banyak sumber daya modal (padat modal).

For whom= adalah untuk siapa barang tersebut diproduksi. Dalam kasus di atas, target perusahaan adalah mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar