Rabu, 07 April 2010

berubahnya alat pemuas kebutuhan manusia
4. Pada perkembangan berikutnya cangkul yang digunakan petani untuk mengolah tanah sudah dirasa tidak cocok lagi. Petani membutuhkan alat pengolah tanah yang dapat bekerja secara cepat dan menggunakan tenaga manusia semakin sedikit. Dalam konteks ini, mana yang menggambarkan perkembangan peradaban manusia yang dapat menciptakan kebutuhan manusia. Kemudian, jelaskan perkembangan kebutuhan manusia akan mendorong berkembangnya kegiatan ekonomi?

- Dampak dari majunya perkembangan teknologi dapat mempengaruhi pola pikir manusia dalam melaksanakan pekerjaannya. sebagai contoh si petani yang menganggap alat yang dipakainya untuk mengolah tanah yaitu berupa cangkul dianggap tidak cocok lagi. Sehingga si petani berfikir untuk memenuhi kebutuhannya untuk melakukan pekerjaannya dengan alat pengolah tanah yang dapat bekerja secara cepat dan menggunakan tenaga manusia semakin sedikit, dapat berupa mesin pembajak tanah/Traktor.



Sumberdaya alam, manusia, dan modal
5. Seorang petani menggarap sebidang tanah yang ia miliki bersama 2 orang anaknya. Petani tersebut memutuskan untuk menanam jagung dengan cara yang sangat tradisional, yakni mengolah tanah dengan menggunakan cangkul. Dalam proses produksi ini kegiatan mana yang menggunakan sumberdaya alam, sumberdaya manusia (petani) dan sumberdaya modal?

- Kegiatan yang menggunakan sumber daya alam adalah mengolah/menggarap sebidang tanah itu sendiri oleh petani bersama 2 orang anaknya.
- Sedangkan proses kegiatan yang menggunakan sumber daya manusia adalah menggunakan semua kemampuan cara bercocok tanam secara tradisonal dari petani tersebut.
- Dan proses kegiatan yang menggunakan sumber daya modal adalah memanfaatkan sebidang tanah dengan kemampuan bercocok tanam (alat maupun skill) sang petani sedangkan benih-benih jagung merupakan modal awal untuk mengolah tanah tersebut untuk menghasilkan produk jagung.


Karena dengan penggantian alat tersebut, waktu kerja petani akan lebih banyak tersisa/efisien dan si petani tersebut dapat mengerjakan pekerjaan lainnya ,perkembangan kebutuhan manusia akan mendorong perkembang kegiatan ekonomi.

What, how, for whom economic problem
6. Seorang petani memiliki sebidang tanah dan memutuskan lahan tersebut akan ditanami jagung. Pengolahan tanah, penanaman bibit, perawatan dan memetik hasil (panen) menggunakan cara tradisional. Banyaknya bibit yang ia gunakan diperkirakan akan menghasilkan jagung sebanyak 1 ton. Jagung hasil produksi tersebut akan dijual kepada pembeli di pasar-pasar tradisional. Dalam konteks ini, mana yang termasuk masalah what, how dan mana yang termasuk masalah for whom?

Sebelumnya kita artikan dahulu apa yang disebut dengan:
a. What
b. How
c. For whom

a. What artinya apa. Maka dalam kasus di atas yang dimaksud adalah apa barang yang diproduksi. Barang yang diproduksi adalah tanaman jagung yang diperkirakan akan menghasilkan 1 ton.

b. How artinya bagaiman. Maka dalam kasus di atas yang dimaksud adalah bagaimana cara barang tersebut diproduksi. Dalam kasus di atas sudah jelas disebutkan, cara jagung tersebut diproduksi adalah dengan cara tradisional, dari pengolahan tanah, penanaman bibit, hingga perawatan dan pemetikan hasil panen.

c. For whom artinya untuk siapa. Maka dalam kasus di atas yang dimaksud adalah untuk siapa barang itu diproduksi. Tanaman jagung tersebut akan dijual kepada pembeli di pasar-pasar tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar