Senin, 22 Februari 2010

Virus jenis baru

Akhir - akhir ini muncul virus varian baru yaitu virus Net-worm.win32.kido atau juga bisa disebut conflicker. yang merupakan salah satu antivirus dengan tingkat resiko sangat berbahaya jika komputer sudah terkena virus ini. pasalnya virus ini mematikan system restore, security web acces ( menghalang anda untuk melakukan update antivirus ), dan mengirimkan malware secara terus menerus ke komputer anda pada saat komputer terhubung dengan internet. virus ini juga memiliki beberapa varian yaituNet-worm.win32.kido.dv,Net-worm.win32.kido.bt,Net-worm.win32.kido.fx. dan sudah ada versi trojanya.

Untuk anda yang memiliki warnet atau anda adalah operator warnet, virus ini perlu diwaspadai, pasalnya virus ini dapat mengacaukan jaringan local area network pada warnet anda. biasanya pertama kali dia menyerang billing, kemudian memblock sharing network. pada intinya ni virus menyerang system jaringan. sangat fatal jiga komputer anda terkena virus ini karena sangat sulit dihapus.

setelah saya riview virus Net-worm.win32.kido ke beberapa situs/ web antivirus. hanya kaspersky antivirus yang mengenal virus ini. sebagian antivirus mengenal virus ini sebagai virus conflicker. karena saya penasaran dengan virus yang satu ini saya mengambil virus Net-worm.win32.kido dari laptop teman saya yang sudah terinfeksi via flashdisk. setelah itu saya langsung scan flashdisk di komputer yang kebetulan saya menggunakan kaspersky antivirus, dan ternyata ini virus terdetect dan dapat dihapus. merasa penasaran kembali saya mengambil virus itu kembali dari laptop teman saya lagi. kemudian saya scan di laptop saya yang menggunakan eset smart security, hasilnya virus ini terdetect tetapi tidak dapat dihapus hanya bisa dikarantina. masih penasaran saya coba scan pada komputer saya yang menggunakan bitdefender antivirus dan hasilnya sama seperti eset hanya bisa dikarantina. mungkin antivirus lain selain kasperky belum dapat mengenal virus ini tapi dalam waktu dekat mungkin virus ini sudah dapat dikenal.



PESAN: Waspada Selalu dengan rajin scan komputer dan update antivirus , jangan disable antivirus jika anda sedang berada dalam jaringan komputer karena bisa jadi salah satu komputer ada yang sudah terinfeksi jika ingin disable lakukan disable network anda terlebih dahulu apalagi jika anda sedang terkoneksi dengan internet. dan penyebaran via removable disk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar