Sabtu, 20 Februari 2010

Organisasi dan Metode

Organisasi dan Metode
1.Ruang Lingkup
ruang lingkup organisasi dan metode adalah sebuah penyederhanaan kerja atau Organisasi dan Metode adalah pemeriksaan secara ilmiah atas efisiensi pekerjaan kantor.ruang lingkup organisasi metode memiliki scope yang luas berikut scope ruang lingkup organisasi dan metod.
*. Analisis organisasi.
*. Komunikasi dalam orrganisai
*. Tentang tenaga kerja, prosedur kerja dan system kerja.
*. Pentingnya filing dari segi Organisasi &Metode
*. Pentingnya jangka waktu penyimpanan data dan dokumen
*. Pentingnya formulir dari segi Organisasi & Metode
*. Pendayagunaan mesin kantor
*. Pendayagunaan perabotan dan peralatan kantor
*. Pentingnya penulisan laporan
*. Pentingnya buku pedoman kerja
*. Pentingnya anggaran belanja
*. Analisis kepegawaian
*. Pentingnya penyederhanaan kerja
*. Orgaisasi unit
*. Kesimpulan akhir
-Efisiensi
a. pengertian
Efisiensi sudah tidak asing lagi ditelinga kita efisiensi adalah penggunaan segala sumber daya se minimum mungkin guna mencapai hasil se optimal mungkin.
b. cara meningkatkan efisiensi kerja
efisiensi kerja dapat dilakukan dengan pengembangan pegawai untuk meningkatkan kinerja nya. pengembangan pegawai dapat dilakukan dengan cara memberikan kursus atau pelatihan pelatihan ,seminar,workshhop yang berkaitan dengan pekerjaan yang pegawai lakukan dengan cara ini peningkatan efisiensi kerja akan tercapai.
c. ukuran efisiensi wewenang harus seimbang dengan tanggung jawab
karena jika dalam hal ini memiliki ketidak seimbangan antar wewenang dan tanggung jawab suatu efisiensi kerja tidak akan dapat dicapai..suatu wewenang adalah tanggung jawab,,wewenang yang diberikan merupakan tanggung jawab si pemilik wewenang,,jika wewenang digunakan secara negatif maka efisiensi kerja tidak akan pernah bisa dicapai, begitu pula sebaliknya jika tanggung jawab yang diemban tidak dapat di jalankan maka efisiensi kerja tidak mungkin tercapai.

2. Proses Organisasi
manusia cenderung untuk mengatur dan mengorganisasi kegiatan – kegiatannya.
Karena manusia memiliki keterbatasan kemampuan yang menyebabkan manusia tidak dapat mencapai suatu tujuan tanpa kerjasama.
A. organisasi formal diibaratkan sebagai sebuah kendaraan untuk menacapai tujuan secara bersama karena dalam system organisasi formal, antara struktur dengan proses organisasi merupakan satu kesatuan dan berkaitan erat. Struktur organisasi walaupun hanya menyajikan kerangka bangunan organisasi, tetapi merupakan suatu subsistem penting.
B. .Sebab-sebab timbulnya organisasi informal:
Karena adanya kebutuhan – kebutuhan penting yang bersifat manusiawi ( human needs ) yang harus dipenuhi dan ternyata tidak dapat dipenuhi oleh organisasi formal. Berikut ini kebutuhan – kebutuhan yang mendasari terbentuknya organisasi informal :
- Kebutuhan social
- Rasa memiliki dan pengenalan diri
- Pengetahuan tentang perilaku yang diterima
- Perhatian ( simpati )
- Bantuan dalam pencapaian tujuan
- Kesempatan berpengaruh dan berkreasi
- Pelestarian nilai – nilai budaya
- Komunikasi dan informasi

3. motivasi
Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan – kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan.
Motivasi merupakan masalah yang kompleks dalam organisasi karena kebutuhan dan keinginan setiap anggota organisasi adalah berbeda – beda dan berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula.
Motivasi dapat ditimbulkan baik oleh factor internal maupun eksternal tergantung dari mana suatu kegiatan dimulai.
4. pendapat para ahli yang berkaitan tentang teory organisasi
Kata ‘Pengaruh’ menurut Scott dan Mitchell
Scott dan Mitchell memberikan pendapat tentang pengertian kata pengaruh:
yaitu merupakan suatu transaksi social dimana seorang atau kelompok orang digerakkan oleh seorang atau kelompok orang yang lain untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi.

French dan Roven
sumber atau basis yang diidentifikasikan oleh French dan Roven!
– Kekuasaan balas jasa ( reward power )
- Kekuasaan paksaan ( coercive power )
- Kekuasaan sah ( legitimate power )
- Kekuasaan ahli ( expert power )
- Kekuasaan panutan ( referent power )
Taylor
Taylor mengemukakan 4 kaidah dasar manajemen yang harus dilaksanakan dalam organisasi perusahaan, yaitu :

1.Menggantikan metoda – metoda kerja dalam praktek dengan berbagai metode yang
dikembangkan atas dasar ilmu pengetahuan tentang kerja yang ilmiah & benar.
2. Mengadakan seleksi, latihan – latihan dan pengembangan para karyawan secara ilmiah.
3. Pengembangan ilmu tentang kerja serta seleksi, latihan dan pengembangan secara ilmiah
harus diintegrasikan.
4.Untuk mencapai manfaat manajemen ilmiah, perlu dikembangkan semangat dan mental
para karyawan.

Henry Fayol
Henri Fayol seorang industrialis merupakan salah satu tokoh teori administrasi, dalam bukunya menyatakan bahwa semua kegiatan industry dapat dikelompokan menjadi lima bagian:
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3.Pemberian perintah
4 .Pengkoordinasian
5.Pengawasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar