Sabtu, 20 Februari 2010

TEORI ORGANISASI UMUM

TEORI ORGANISASI UMUM
organisasi dapat diartikan sebagai wadah dan sebagai proses maksudnya organisasi sebagai wadah bagi sekelompok manusia untuk saling bekerja sama guna mencapai suatu tujuan sekaligus sebagai proses pengelompokan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien
manusia cenderung untuk mengatur dan mengorganisasi kegiatan karena manusia adalah unsur terpenting dalam suatu kegiatan dan suatu organisasi, manusia adalah sosok yang berperan sebagai penggerak dari suatu organisasi atau kegiatan, suatu organisasi atau kegiatan tidak akan mungkin dapat berjalan jika tidak ada manusia sebagai elemen penggerak kegiatan atau organisasi.
A.ada 4 alasan untuk kita mempelajari organisasi secara formal seperti dibawah ini:
1.Kompetisi Yang Semakin Ketat
Jika kita perhatikan saat ini, kompetisi yang ada semakin ketat. Sebuah perusahaan atau organisasi tidak bisa menganggap sebelah mata kompetitornya karena kelengahan sedikit dapat membuat ketertinggalan. Agar bisa memenangkan kompetisi atau setidaknya tidak tertinggal dari kompetisi, diperlukan proses belajar yang terus menerus.
2.Sinergi Antar Anggota Tim
Hampir tidak ada pekerjaan yang sama sekali tidak membutuhkan orang lain. Terlebih dalam organisasi yang baik, maka kekuatan utamanya terletak pada bagaimana menciptakan sinergi diantara anggota tim yang ada. Masing-masing orang belajar dan membawa hasil belajarnya untuk saling menyokong dan memperkokoh tim.
3. Perubahan Yang Sangat Cepat
Perubahan di dunia bisnis secara umum terjadi sangat cepat. Sesuatu bisa menjadi tren untuk kemudian secara tiba-tiba tergantikan dengan tren lainnya. Sebuah penemuan demi penemuan terus menerus terjadi dan saling menguatkan serta menggantikan satu sama lain. Untuk menghadapi perubahan tentu saja diperlukan kemampuan belajar dari situasi yang ada sehingga dapat menghadapi segala perubahan dengan percaya diri.
4.Mengantisipasi Masa Depan Yang Penuh Ketidakpastian
Siapa yang menyangka akhirnya ekonomi raksasa seperti Amerika Serikat dapat runtuh gara-gara kredit perumahan (sub-prime mortgage)? Siapa yang mampu menebak arah bisnis dan perekonomian 10 tahun mendatang. Ya, manusia harus sadar bahwa hari esok penuh dengan tantangan dan ketidakpastian. Organisasi yang belajar, meskipun tetap menghadapi ketidakpastian, namun lebih siap dan terbuka menghadapi apapun yang terjadi ke depannya.
B. Dampak teori organisasi klasik yang saya ketahui ada 3 , beberapa contohnya adalah sebagai berikut:
1. teori birokrasi: Pembagian kerja yang jelas. system aturan yang mencangkup hak-hak dan ke wajiban-kewajiban posisi para pemengang jabatan system prosedur bagi penanganan situasi kerja.
2.teori administrasi: wewenang dan tanggung jawab. sentralisasi. aturan (order).
3.teori manajemen ilmiah: kerjasama. system kegiatan yang terkoordinasi. kekuasaan dan kepemimpinan
C. Henry fayol seorang industrialis merupakan salah satu tokoh teori administrasi dalam bukunya menyatakan bahwa semua kegiatan industry dapat di kelompokkan:
-perencanaan.
-pengorganisasian.
-pemberian perintah.
-pengkoordinasian.
-pengawasan.
D. modern organisasi sebagai suatu system terdiri atas lima(5) unsur:
-pendekatanproses.

-pendekatan keprilakuan (behavior approach).
-pendekatan kuantitatif (quantitative approach).
-pendekatan system.
-pendekatan contingency (situasional).
E. pimpinan dalam pengertian universal
- Pimpinan adalah seseorang yang diharuskan memimpin suatu badan atau organisasi dengan dasar pengangkatan. atau seseorang yang ditugaskan untuk memimpin suatu badan atau organisasi.

-Komunikasi, konsep keseimbangan, dan proses pengambilan keputusan merupakan 3 kegiatan proses hubungan universal yang selalu muncul pada system manusia dalam perilakunya berorganisasi.
-organisasi formal di ibaratkan sebagai sebuah kendaraan untuk mencapai tujuan bersama karena dalam system organisasi formal, antara struktur dengan proses organisasi merupakan satu kesatuan dan berkaitan erat. Struktur organisasi walaupun hanya menyajikan kerangka bangunan organisasi, tetapi merupakan suatu subsistem penting.
-neo-klasik secara sederhana di kenal sebagai teori hubungan manusia menekankan pentingnya aspek psikologi dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya, atas dasar anggapan ini maka teori neoklasik mendefinisiskan “suatu organisasi” sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar